( INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER) PERBANDINGAN ALAT)
PERBANDINGAN
ALAT YANG BERINTERAKSI SECARA USER ANTARA HARDWARE DAN SOFTWARE ATM DAN VENDING
MACHINE
( INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER)
( INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER)
DISUSUN
OLEH:
NAMA
: KRIS DIAN PRABOWO
NPM :
2B116212
KELAS
: 3KB02/ (EKSTENSI) SISTEM KOMPUTER
UNIVERSITAS
GUNADARMA
2017
·
DEFINISI INTERAKSI MANUSIA DAN
KOMPUTER
Interaksi manusia dan komputer (bahasa Inggris: human–computer
interaction, HCI) adalah disiplin ilmu yang mempelajari
hubungan antara manusia dan komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasiantarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia. Ilmu ini berusaha
menemukan cara yang paling efisien untuk merancang pesan elektronik.
·
Sub bidang studi interaksi manusia
dengan Komputer
Ada tiga sub-bidang studi yang berhubungan dengan interaksi dengan
komputer :
·
Faktor
manusia berkaitan dengan masalah- masalah psikologis.
·
Interaksi
manusia dan komputer mengkaji bagaimana hubungan-hubungan yang terjadi
antar ilmu komputer desain terkait dengan manusia dengan komputer.
bagi para
perancangnya alat fisik interaksi antarmuka komputer sering diuji, sehingga
memungkinkan pertukaran informasi.
Beberapa
aspek yang menjadi fokus dalam perancangan sebuah antarmuka adalah :
2. Metode
implementasi antarmuka.
3. Metode
evaluasi dan perbandingan antarmuka.
4. Pengembangan
antarmuka baru.
5. Mengembangkan
sebuah deskripsi dan prediksi atau teori dari sebuah antarmuka baru.
·
Tujuan
utama disusunnya berbagai cara interaksi manusia & komputer :
untuk mempermudah manusia dalam mengoperasikan komputer
dan mendapatkan berbagai umpan balik yang ia perlukan selama ia bekerja pada
sebuah sistem komputer. Para
perancang antarmuka manusia dan komputer berharap agar sistem komputer yang
dirancangnya dapat bersifat akrab dan ramah dengan penggunanya (user
friendly).
·
Sebagai contoh, misalnya sebuah komputer lengkap dipasang pada
sebuah tempat yang tidak nyaman bagi seorang pengguna yang menggunakan. Atau keyboard yang digunakan
pada komputer tersebut tombol-tombolnya keras sehingga susah untuk mengetik
sesuatu.
Contoh-contoh diatas merupakan beberapa hal mengapa kita
membutuhkan mempelajari Interaksi Manusia dan Komputer.
Kita butuh Interaksi manusia komputer adalah agar kita
lebih cepat dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. serta dapat membuat waktu
pengerjaannya lebih cepat dan tidak membutuhkan banyak biaya dalam membuat
suatu pekerjaan.
Dalam interaksi manusia dengan komputer terdapat beberapa
panca indera digunakan untuk dapat berinteraksi----: Manusia mewujudkan fisiologi yang
diperlukan untuk menyerap informasi dalam bentuk suara. Sama seperti mata dapat melihat
berbagai variasi cahaya - rona, briteness, kontras - telinga mampupenginderaan
array yang luas dari suara melalui perubahan timbre,
kenyaringan, dan pitch. Pikiran
kemudian dapat mengasosiasikan suara ini dengan peristiwa, objek, atau gagasan
abstrak. Paling sering, suara-sebagai-informasi
ada sebagai pidato atau musik, dan memang ini akan terus di Internet. Audio
konten juga umumnya dihasilkan oleh mesin untuk menyampaikan
informasi, dan penggunaan ini juga akan terus di Internet.
Contoh: Dalam sebuah rumah sakit, suara Mengenal dari elektrokardiograf (EKG) berbunyi 'bip' dalam irama ke jantung; pager alert
wanita di sebuah sudut jalan, telegraf memancarkan klik merata-spasi dalam kode Morse.Semua
ini adalah contoh menampilkan pendengaran, suara yang dibuat oleh sebuah mesin
dalam rangka berhubungan informasi. Di
zaman ketika bahasa telah menjadi bentuk komunikasi
dominan, suara memainkan peran penting
dalam hidup kita.
·
Definisi ATM (Automatic Teller
Machine)
Anjungan Tunai Mandiri atau dalam bahasa Inggris: Automated
Teller Machine atau Automatic Teller Machine[) adalah
sebuah alat elektronik yang melayani nasabah bank untuk mengambil uang
dan mengecek rekening tabungan mereka tanpa perlu dilayani oleh seorang
"teller" manusia. Banyak ATM juga melayani penyimpanan uangatau cek, transfer uang atau
bahkan membeli pulsa telepon seluler
Ide mengenai distribusi uang tunai di luar jam
dikembangkan dari kebutuhan perbankan di Asia (Jepang), Eropa (Swedia dan
Inggris) dan Amerika Utara (Amerika Serikat). Sedikit
yang diketahui tentang perangkat jenis ini di Jepang selain yang disebut
"Mesin Komputer Pinjaman" yang memberikan uang tunai sebagai pinjaman
tiga bulan sebesar 5%, setelah memasukkan kartu kredit. Perangkat tersebut
beroperasi pada tahun 1966.[
Dalam rekaman paten Amerika Serikat, Luther
George Simjian telah
dikreditkan atas pengembangan "perangkat penemuan sebelumnya". Secara
spesifik patennya yang ke-132 (US3079603), yang pertama kali diajukan pada 30
Juni 1960 (dan diberikan pada 26 Februari 1963). Perangkat tersebut, disebut Bankograph, tertunda beberapa
tahun, akibat perusahaan Simjian Reflectone Electronics Inc. yang diakuisisi
oleh Universal Match Corporation. Sebuah eksperimen Bankographdipasang di New York City pada tahun 1961 oleh City Bank of New York,
namun dicopot setelah enam bulan karena kurangnya penerimaan pelanggan. Bankograph adalah mesin otomatis penyimpanan
amplop (menerima koin, uang tunai dan cek) serta tidak memiliki fitur penarikan
tunai.[9][10]
ATM yang dipercayai secara luas sebagai yang pertama,
dipergunakan oleh Barclays Bank di
kantor cabangnya di Enfield
Town di utara London, Britania
Raya, pada 27 Juni 1967. Mesin
ini diresmikan oleh aktor komedi Inggris Reg
Varney.Instansi penemuan ini dikreditkan
kepada tim teknik yang dipimpin oleh John
Shepherd-Barron dari
perusahaan percetakanDe La
Rue, yang
dianugerahi OBE pada tahun 2005. Transaksi
tersebut diawali dengan menyisipkan cek kertas yang dikeluarkan oleh teller
atau kasir, ditandai dengan karbon-14 untuk
pembacaan mesin dan keamanan, yang dalam model terakhir dicocokkan dengan enam
digit Nomor
Identifikasi Pribadi (PIN).
Ide penyimpanan PIN pada kartu dikembangkan oleh Insinyur
Britania Raya yang bekerja pada MD2 bernama James
Goodfellow di tahun 1965 (paten GB1197183 diajukan pada 2 Mei 1966
dengan Anthony Davies). Inti dari sistem ini adalah bahwa hal tersebut
memungkinkan verifikasi nasabah dengan rekening didebit tanpa campur tangan
manusia. Paten ini juga merupakan Contohnya awal dari lengkap "sistem
penyimpanan mata uang" dalam catatan paten. Paten ini diajukan pada
tanggal 5 Maret 1968 di Amerika Serikat (US 3.543.904) dan dikabulkan pada
tanggal 1 Desember 1970. Hal ini memiliki pengaruh besar pada industri secara
keseluruhan. Tidak hanya pendatang di masa depan ke dalam pasar penyimpanan
uang tunai seperti NCR Corporation dan IBM melisensi sistem PIN Goodfellow, namun sejumlah paten
belakangan mereferensikan paten ini sebagai "perangkat penemuan
sebelumnya"
·
Komponen ATM / Perangkat Keras ATM
ATM
biasanya terdiri dari perangkat berikut:
·
Papan ketik PIN (mirip dalam tata letak papan kunci bantalan
sentuh atau kalkulator),
sering diproduksi sebagai bagian rangka penyimpanan.
·
Pengaman Kriptoprosesor, umumnya dalam bagian rangka yang aman.
·
Monitor (digunakan oleh nasabah untuk melakukan transaksi)
·
Tombol fungsi (biasanya dekat dengan layar) atau layar
sentuh (digunakan
untuk memilih berbagai aspek transaksi)
·
Mesin pencetak rekam (untuk menyediakan nasabah dengan catatan
transaksi mereka)
·
Ruang penyimpanan (untuk menyimpan bagian-bagian mesin yang
membutuhkan akses terbatas)
·
Housing (untuk estetika dan untuk melampirkan tanda
tangan)
Karena
tuntutan komputasi yang lebih berat dan jatuhnya harga arsitektur mesin seperti-Personal Computer, ATM
sudah beralih dari arsitektur perangkat keras kustom menggunakan mikrokontroler dan/atau aplikasi-spesifik sirkuit
terpadu untuk
mengadopsi arsitektur perangkat keras dari sebuah Personal Computer,
seperti, koneksi USB untuk peripheral, Ethernet dan komunikasi IP, dan
menggunakan sistem operasi komputer pribadi. Meskipun tidak diragukan lagi
lebih murah untuk menggunakan perangkat keras komersial "di luar
cangkang", hal ini membuat ATM berpotensi rentan terhadap jenis masalah
yang sama ditunjukkan oleh Personal
Computer konvensional.
– Kotak ATM
– Tombol Angka
– Layar Monitor
– Kamera
Sementara bagian
dalamnya terdiri atas:
– unit Komputer
– keyboard
– modem
– kotak uang
– printer kecil
– card reader / pembaca
kartu
·
Perangkat
Lunak ATM / Software ATM
Dengan migrasi ke komoditas perangkat keras Personal Computer, sistem
operasi standar komersial "di luar cangkang", dan lingkungan
pemrograman dapat digunakan di dalam ATM. Platform Khas sebelumnya digunakan
dalam pengembangan ATM termasuk RMX atau OS/2.
Saat ini ini sebagian besar ATM di seluruh dunia
menggunakan sistem operasi Microsoft Windows,
terutama Windows XP
Professional atau Windows XP Embedded. Sejumlah kecil penyebaran dapat masih
menjalankan versi Windows OS seperti Windows NT, Windows CE, atau Windows 2000.
Terdapat pula industri keamanan komputer yang
berpandangan bahwa sistem operasi desktop masyarakat umum memiliki risiko yang
lebih besar sebagai sistem operasi untuk mesin pengeluaran uang daripada jenis
lain dari sistem operasi seperti (aman) Sistem operasi waktu nyata (RTOS).
Linux juga menemukan beberapa penerimaan di pasar ATM. Contoh
dari hal ini adalah Banrisul, bank terbesar di selatanBrasil, yang
mengganti sistem operasi MS-DOS di ATM nya
dengan Linux. Banco do Brasil juga me-migrasikan ATM-nya ke Linux.
Dengan terjadinya sistem operasi Windows dan XFS di ATM,
aplikasi perangkat lunak memiliki kemampuan untuk menjadi lebih cerdas. Hal ini
telah menciptakan generasi baru aplikasi ATM yang umum disebut sebagai aplikasi
dwiprogram. Jenis aplikasi ini memungkinkan sebuah host yang sama sekali baru
teraplikasi di mana terminal ATM dapat melakukan lebih dari hanya sekadar
berkomunikasi dengan switch ATM. Saat ini sedang diberdayakan untuk terhubung
ke server konten lain dan sistem video perbankan.
Perangkat lunak ATM terkemuka yang beroperasi pada
platform XFS di antaranya Triton PRISM, Diebold Agilis EmPower, NCR APTRA Edge, Absolute
SystemsAbsoluteINTERACT, KAL Kalignite,
Phoenix Interactive VISTAatm, dan Wincor Nixdorf ProTopas.
·
Penggunaan ATM
Pada ATM paling modern, nasabah diidentifikasi dengan
memasukkan kartu ATM plastik
dengan strip magnetik atau kartu pintar plastik
dengan chip, yang berisi
kartu yang bernomor unik dan beberapa informasi keamanan seperti tanggal
kedaluwarsa atau Kode
keamanan kartu (CVV).
Autentikasi ini disediakan oleh nasabah saat memasukkan nomor
identifikasi pribadi (PIN).
ATM terbaru di Royal Bank of
Scotland beroperasi tanpa kartu untuk menarik uang tunai hingga
£100. Pelanggan awalnya harus mendaftarkan nomor ponsel mereka dan bank akan
memberikan kode enam digit untuk masuk ke ATM untuk menarik uang tunai
tersebut.
Dengan menggunakan ATM, nasabah dapat mengakses rekening bank mereka untuk membuat penarikan, uang tunai melalui kartu debit, dan
memeriksa saldo rekening mereka serta membeli kredit ponsel prabayar. Jika mata
uang yang ditarik dari ATM berbeda dengan rekening bank dalam mata uang
(misalnya: Penarikan Yen Jepang dari rekening bank berisi Dolar AS), uang
tersebut akan diubah satuan mata uangnya sesuai nilai tukar saat itu.
Dengan demikian, ATM dapat dimanfaatkan untuk transaksi pertukaran uang bagi
wisatawan asing
Meskipun
ATM awalnya dikembangkan hanya sebagai tempat mengambil uang tunai, alat ini
telah berkembang untuk memasukkan banyak produk perbankan lainnya yang terkait
seperti:
·
Membayar tagihan rutin:
·
Memperoleh pinjaman cepat
·
Memproses cek
·
Membayar (secara penuh/sebagian) saldo pada kartu kredit terkait
dengan rekening tertentu.
·
Mentransfer uang antar rekening terkait (seperti transfer antar
rekening tabungan), baik dari satu bank maupun dua bank berbeda yang
berhubungan satu sama lain, jika tersedia.
·
Pengakuan deposito, penerimaan, dan peredaran uang.
Di beberapa negara, khususnya
yang memanfaatkan jaringan ATM lintas bank terintegrasi. ATM mencakup banyak
fungsi yang tidak berkaitan langsung dengan pengelolaan rekening bank sendiri,
seperti:
·
Memuat nilai uang ke Kartu Prabayar
·
Membeli:
·
Fitur permainan dan promosi
·
Donasi ke badan amal
·
KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN ATM
1. Praktis
tidak perlu membawa uang tunai dan
sistem beroperasi 24 jam
2. Tidak perlu menunggu bank buka untuk melakukan transaksi ataupun transfer
3 . Mudah untuk dipakai dan setiap transaksi tercatat otomatis
KELEMAHAN :
1. Jika Kartu ATM Hilang harus lapor kepada polisi agar bisa di proses selanjutnya ke pihak Bank
2. Harus ingat pin dan rawan pencurian ATM serta nomor pin
3. setiap bulan dikenakan biaya administrasi
Mesin
jual otomatis (Inggris:Vending machine) adalah mesin yang dapat
mengeluarkan barang-barang seperti makanan ringan, minuman ringan seperti minuman soda, alkohol, rokok, tiket lotre, produk konsumen dan bahkan emas dan permata untuk pelanggan secara otomatis.
Layaknya penjual asli, mesin ini akan mengeluarkan barang yang kita inginkan setelah kita
membayarnya dengan cara memasukkan sejumlah koin maupun uang kertas.
Mesin penjual otomatis adalah karya Heron yang berasal dari Alexandria. Heron
adalah seorang insinyur
matematika abad pertama.
mesin penjual otomatis modernpertama
diperkenalkan di London, Inggris pada awal
1880-an, yaitu mesin penjual kartu pos otomatis.
Mesin penjual otomatis pertama di Amerika Serikat dibangun pada tahun 1888 oleh Perusahaan Gum
Thomas Adams, dan menjual permen karet di Kota New York.
Pada tahun 80-an terciptanya mesin penjual otomatis yang
menjual permen karet.
mesin tersebut diberi nama “Glico”. Pada tahun 1897 ketika Perusahaan Manufaktur Pulver menambahkan angka kecil di sekitar mesin, yang akan
bergerak setiap kali seseorang membeli permen karet dari mesin mereka. Gagasan
ini melahirkan mesin penjual otomatis jenis baru yang dikenal sebagai "perdagangan stimulator"
dan kelahiran mesin slot serta mesin pinball pertama berakar pada perangkat
ini. Ide menambahkan permainan pada
mesin ini adalah untuk menaikkan insentifitas pembeli.
Pada Desember 1970 salah satu industri pembuat mesin
penjual otomatis di Dallas, Texas, membuat mesin penjual otomatis yang dapat berbicara
yang disebut dengan "venda
talker". Ketika pembeli memasukkan
koin, mesin kemudian mengatakan “terima kasih” dan dan suara itu disuarakan
oleh comic
Henny Youngman.
·
Jenis Jenis Vending Machine
·
Mesin
penjual permen karet
Setelah mesin tersebut dimasukkan koin sebesar yang
ditentukan, maka mesin tersebut otomatis akan mengeluarkan permen karet
warna-warni berbentuk bulat. Pada tahun 1888, Thomas Adams Gum Company memperkenalkan mesin penjual otomatis pertama ke Amerika
Serikat. Mesin-mesin dipasang pada platform kereta bawah tanah yang terdapat di New York City dan
menjual permen karet rasa Tutti-Frutti.
·
Mesin
penjual koran
Mesin ini ditemukan di U.S. Mesin penjual otomatis ini menjual koran untuk mempermudah warga U.S mendapatkan koran ketika
mereka sedang berada dijalan.
·
Mesin
penjual minuman ringan
Mesin ini adalah mesin yang paling populer diseluruh dunia. Mesin ini merupakan mesin penjual minimuan
kaleng seperti minuman bersoda, minuman energi, dan minuman isotonik.
·
Mesin
penjual makanan
Dijepang terdapat mesin penjual ramen. Tak hanya ramen, tetapi terdapat juga mesin penjual sayuran di china. Sehingga para ibu rumah tangga tidak perlu repot pergi
ke pasar, berkotor-kotoran, karena disebagian daerah tertentu
telah diletakkan mesin penjual otomatis.
mesin-mesin ini berkembang terus sesuai jamannya, dan
tidak hanya empat jenis mesin penjual otomatis, namun masih banyak lagi
jenisnya termasuk mesin penjual otomatis yang menjual emas. Namun, diatas
adalah mesin otomatis yang populer yang terdapat di banyak negara.
·
Cara Kerja Vending Machine
Mesin penjual otomatis membutuhkan uang koin maupun uang kertas untuk
proses kerjanya. Namun, yang paling populer adalah uang koin. pada bagian sudut
tertentu, terdapat lubang untuk memasukan uang koin. Uang koin yang telah dimasukkan
akan jatuh kedalam pengkait dan mesin didalamnya akan berjalan secara otomatis.
Mesin tersebut berjalan sambil menjatuhkan barang yang pembeli pilih, dan
terakhir pembeli tinggal mengambil dari balik pintu kecil yang telah
disediakan.
·
Komponen
Perangkat Keras Vending Machine
Mikrokontroler :
Sebagai komputer yang mengolah semua perangkat di vending mechine agar bekerja
dengan baik
Card reader :
Membaca identitas dari kartu yang ditempelkan, dengan decode melalui akses ke
database Bank Mandiri
LCD :
Menampilkan intruksi dan keterangan yang ada
Bottle Dispenser :
Menampung dan mengeluarkan botol
Power Socker:
Daya/sumber energi dari vending machine
Refrigrator :
Pendingin produk/botol
Produk / Botol
· Software
yang digunakan pada vending machine
pada penggunaan
software alat vending mesin ini menggunakan bahasa C yang kemudian di kompile
pada mikrokontroller serta menggunakan perancangan database seperti MySQL inti
dari database adalah database management sistem (DBMS) yang terkoneksi secara langsung
pada user dan internet ataupun offline
·
Kelebihan dan kekurangan vending
mesin
Memangkas jalur distribusi
Karena vending machine, bisa menjual ke konsumen secara langsung
Karena vending machine, bisa menjual ke konsumen secara langsung
Meningkatkan penjualan dan sebaran
produk
Karena vending machine bisa menjangkau lokasi yang lebih dekat dengan konsumen dan bisa buka 24 jam nonstop
Karena vending machine bisa menjangkau lokasi yang lebih dekat dengan konsumen dan bisa buka 24 jam nonstop
Media promosi
Vending machine bisa dibranding dengan identitas merk yang dijual, sehingga selain untuk menjual bisa sekaligus untuk media promosi
Vending machine bisa dibranding dengan identitas merk yang dijual, sehingga selain untuk menjual bisa sekaligus untuk media promosi
Meningkatkan prestise produk
Di Indonesia vending machine masih dianggap seperti barang mewah, sehingga produk yang dijual juga akan terlihat lebih mewah
Di Indonesia vending machine masih dianggap seperti barang mewah, sehingga produk yang dijual juga akan terlihat lebih mewah
Pemeliharaan
vending mesin harus secara rutin
Apabila
memakai uang kertas harus secara rapih dan tidak terlipat agar otomatis
terinput dalam sistem vending mesin
Terkadang
harus secara sabar dalam menggunakan
·
Kesimpulan
Teknologi diciptakan
dengan tujuan untuk memudahkan segala aktifitas manusia dalam hal memenuhi
kebutuhan dan kehendaknya, coba kita lihat disekeliling kita, berapa banyak
teknologi yang telah kita manfaatkan saat ini? bahkan detik ini? banyak sekali.
Dengan teknologi, sesuatu yang tidak mungkin kita pikirkan menjadi mungkin
untuk diciptakan
Pasar bisa diciptakan
Sumber Referensi :
0 comments:
Post a Comment