( INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER) PERBANDINGAN ALAT)


     PERBANDINGAN ALAT YANG BERINTERAKSI SECARA USER ANTARA      HARDWARE DAN SOFTWARE ATM DAN VENDING MACHINE 
                       ( INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER)


 












DISUSUN OLEH:

                                       NAMA   : KRIS DIAN PRABOWO
                           NPM       : 2B116212
                                       KELAS  : 3KB02/ (EKSTENSI) SISTEM KOMPUTER

UNIVERSITAS GUNADARMA
2017

















·         DEFINISI INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Interaksi manusia dan komputer (bahasa Inggrishuman–computer interaction, HCI) adalah disiplin ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasiantarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia. Ilmu ini berusaha menemukan cara yang paling efisien untuk merancang pesan elektronik.

·         Sub bidang studi interaksi manusia dengan Komputer
Ada tiga sub-bidang studi yang berhubungan dengan interaksi dengan komputer :
·         Ergonomi dimana interaksi manusia-komputer berkaitan dengan bentuk fisik dari mesin.
·         Faktor manusia berkaitan dengan masalah- masalah psikologis.
·         Interaksi manusia dan komputer mengkaji bagaimana hubungan-hubungan yang terjadi antar ilmu komputer desain terkait dengan manusia dengan komputer.

bagi para perancangnya alat fisik interaksi antarmuka komputer sering diuji, sehingga memungkinkan pertukaran informasi.
Beberapa aspek yang menjadi fokus dalam perancangan sebuah antarmuka adalah :
1.     Metodologi dan proses yang digunakan dalam perancangan sebuah antarmuka.
2.     Metode implementasi antarmuka.
3.     Metode evaluasi dan perbandingan antarmuka.
4.     Pengembangan antarmuka baru.
5.     Mengembangkan sebuah deskripsi dan prediksi atau teori dari sebuah antarmuka baru.

·         Tujuan utama disusunnya berbagai cara interaksi manusia & komputer :
untuk mempermudah manusia dalam mengoperasikan komputer dan mendapatkan berbagai umpan balik yang ia perlukan selama ia bekerja pada sebuah sistem komputer. Para perancang antarmuka manusia dan komputer berharap agar sistem komputer yang dirancangnya dapat bersifat akrab dan ramah dengan penggunanya (user friendly).
·         Sebagai contoh, misalnya sebuah komputer lengkap dipasang pada sebuah tempat yang tidak nyaman bagi seorang pengguna yang menggunakan.  Atau keyboard yang digunakan pada komputer tersebut tombol-tombolnya keras sehingga susah untuk mengetik sesuatu. 
Contoh-contoh diatas merupakan beberapa hal mengapa kita membutuhkan mempelajari Interaksi Manusia dan Komputer.
Kita butuh Interaksi manusia komputer adalah agar kita lebih cepat dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. serta dapat membuat waktu pengerjaannya lebih cepat dan tidak membutuhkan banyak biaya dalam membuat suatu pekerjaan.
Dalam interaksi manusia dengan komputer terdapat beberapa panca indera digunakan untuk dapat berinteraksi----: Manusia mewujudkan fisiologi yang diperlukan untuk menyerap informasi dalam bentuk suara.  Sama seperti mata dapat melihat berbagai variasi cahaya - rona, briteness, kontras - telinga mampupenginderaan array yang luas dari suara melalui perubahan timbre, kenyaringan, dan pitch. Pikiran kemudian dapat mengasosiasikan suara ini dengan peristiwa, objek, atau gagasan abstrak. Paling sering, suara-sebagai-informasi ada sebagai pidato atau musik, dan memang ini akan terus di Internet. Audio konten juga umumnya dihasilkan oleh mesin untuk menyampaikan informasi, dan penggunaan ini juga akan terus di Internet.
Contoh: Dalam sebuah rumah sakit, suara Mengenal dari elektrokardiograf (EKG) berbunyi 'bip' dalam irama ke jantung; pager alert wanita di sebuah sudut jalan, telegraf memancarkan klik merata-spasi dalam kode Morse.Semua ini adalah contoh menampilkan pendengaran, suara yang dibuat oleh sebuah mesin dalam rangka berhubungan informasi. Di zaman ketika bahasa telah menjadi bentuk komunikasi dominan, suara memainkan peran penting dalam hidup kita.


·         Definisi ATM (Automatic Teller Machine)

Anjungan Tunai Mandiri atau dalam bahasa InggrisAutomated Teller Machine atau Automatic Teller Machine[) adalah sebuah alat elektronik yang melayani nasabah bank untuk mengambil uang dan mengecek rekening tabungan mereka tanpa perlu dilayani oleh seorang "teller" manusia. Banyak ATM juga melayani penyimpanan uangatau cek, transfer uang atau bahkan membeli pulsa telepon seluler
Ide mengenai distribusi uang tunai di luar jam dikembangkan dari kebutuhan perbankan di Asia (Jepang), Eropa (Swedia dan Inggris) dan Amerika Utara (Amerika Serikat). Sedikit yang diketahui tentang perangkat jenis ini di Jepang selain yang disebut "Mesin Komputer Pinjaman" yang memberikan uang tunai sebagai pinjaman tiga bulan sebesar 5%, setelah memasukkan kartu kredit. Perangkat tersebut beroperasi pada tahun 1966.[
Dalam rekaman paten Amerika Serikat, Luther George Simjian telah dikreditkan atas pengembangan "perangkat penemuan sebelumnya". Secara spesifik patennya yang ke-132 (US3079603), yang pertama kali diajukan pada 30 Juni 1960 (dan diberikan pada 26 Februari 1963). Perangkat tersebut, disebut Bankograph, tertunda beberapa tahun, akibat perusahaan Simjian Reflectone Electronics Inc. yang diakuisisi oleh Universal Match Corporation. Sebuah eksperimen Bankographdipasang di New York City pada tahun 1961 oleh City Bank of New York, namun dicopot setelah enam bulan karena kurangnya penerimaan pelanggan. Bankograph adalah mesin otomatis penyimpanan amplop (menerima koin, uang tunai dan cek) serta tidak memiliki fitur penarikan tunai.[9][10]
ATM yang dipercayai secara luas sebagai yang pertama, dipergunakan oleh Barclays Bank di kantor cabangnya di Enfield Town di utara London, Britania Raya, pada 27 Juni 1967. Mesin ini diresmikan oleh aktor komedi Inggris Reg Varney.Instansi penemuan ini dikreditkan kepada tim teknik yang dipimpin oleh John Shepherd-Barron dari perusahaan percetakanDe La Rue, yang dianugerahi OBE pada tahun 2005. Transaksi tersebut diawali dengan menyisipkan cek kertas yang dikeluarkan oleh teller atau kasir, ditandai dengan karbon-14 untuk pembacaan mesin dan keamanan, yang dalam model terakhir dicocokkan dengan enam digit Nomor Identifikasi Pribadi (PIN).
Ide penyimpanan PIN pada kartu dikembangkan oleh Insinyur Britania Raya yang bekerja pada MD2 bernama James Goodfellow di tahun 1965 (paten GB1197183 diajukan pada 2 Mei 1966 dengan Anthony Davies). Inti dari sistem ini adalah bahwa hal tersebut memungkinkan verifikasi nasabah dengan rekening didebit tanpa campur tangan manusia. Paten ini juga merupakan Contohnya awal dari lengkap "sistem penyimpanan mata uang" dalam catatan paten. Paten ini diajukan pada tanggal 5 Maret 1968 di Amerika Serikat (US 3.543.904) dan dikabulkan pada tanggal 1 Desember 1970. Hal ini memiliki pengaruh besar pada industri secara keseluruhan. Tidak hanya pendatang di masa depan ke dalam pasar penyimpanan uang tunai seperti NCR Corporation dan IBM melisensi sistem PIN Goodfellow, namun sejumlah paten belakangan mereferensikan paten ini sebagai "perangkat penemuan sebelumnya"

·         Komponen ATM / Perangkat Keras ATM

ATM biasanya terdiri dari perangkat berikut:
·         CPU (untuk mengontrol antarmuka pengguna dan perangkat transaksi)
·         Pembaca magnetik dan/atau chip kartu (untuk mengidentifikasi nasabah)
·         Papan ketik PIN (mirip dalam tata letak papan kunci bantalan sentuh atau kalkulator), sering diproduksi sebagai bagian rangka penyimpanan.
·         Pengaman Kriptoprosesor, umumnya dalam bagian rangka yang aman.
·         Monitor (digunakan oleh nasabah untuk melakukan transaksi)
·         Tombol fungsi (biasanya dekat dengan layar) atau layar sentuh (digunakan untuk memilih berbagai aspek transaksi)
·         Mesin pencetak rekam (untuk menyediakan nasabah dengan catatan transaksi mereka)
·         Ruang penyimpanan (untuk menyimpan bagian-bagian mesin yang membutuhkan akses terbatas)
·         Housing (untuk estetika dan untuk melampirkan tanda tangan)

Karena tuntutan komputasi yang lebih berat dan jatuhnya harga arsitektur mesin seperti-Personal Computer, ATM sudah beralih dari arsitektur perangkat keras kustom menggunakan mikrokontroler dan/atau aplikasi-spesifik sirkuit terpadu untuk mengadopsi arsitektur perangkat keras dari sebuah Personal Computer, seperti, koneksi USB untuk peripheral, Ethernet dan komunikasi IP, dan menggunakan sistem operasi komputer pribadi. Meskipun tidak diragukan lagi lebih murah untuk menggunakan perangkat keras komersial "di luar cangkang", hal ini membuat ATM berpotensi rentan terhadap jenis masalah yang sama ditunjukkan oleh Personal Computer konvensional.


– Kotak ATM
– Tombol Angka
– Layar Monitor
– Kamera
Sementara bagian dalamnya terdiri atas:
– unit Komputer
– keyboard
– modem
– kotak uang
– printer kecil
– card reader / pembaca kartu

·         Perangkat Lunak ATM / Software ATM

Dengan migrasi ke komoditas perangkat keras Personal Computer, sistem operasi standar komersial "di luar cangkang", dan lingkungan pemrograman dapat digunakan di dalam ATM. Platform Khas sebelumnya digunakan dalam pengembangan ATM termasuk RMX atau OS/2.
Saat ini ini sebagian besar ATM di seluruh dunia menggunakan sistem operasi Microsoft Windows, terutama Windows XP Professional atau Windows XP Embedded. Sejumlah kecil penyebaran dapat masih menjalankan versi Windows OS seperti Windows NT, Windows CE, atau Windows 2000.
Terdapat pula industri keamanan komputer yang berpandangan bahwa sistem operasi desktop masyarakat umum memiliki risiko yang lebih besar sebagai sistem operasi untuk mesin pengeluaran uang daripada jenis lain dari sistem operasi seperti (aman) Sistem operasi waktu nyata (RTOS).
Linux juga menemukan beberapa penerimaan di pasar ATM. Contoh dari hal ini adalah Banrisul, bank terbesar di selatanBrasil, yang mengganti sistem operasi MS-DOS di ATM nya dengan Linux. Banco do Brasil juga me-migrasikan ATM-nya ke Linux.
Dengan terjadinya sistem operasi Windows dan XFS di ATM, aplikasi perangkat lunak memiliki kemampuan untuk menjadi lebih cerdas. Hal ini telah menciptakan generasi baru aplikasi ATM yang umum disebut sebagai aplikasi dwiprogram. Jenis aplikasi ini memungkinkan sebuah host yang sama sekali baru teraplikasi di mana terminal ATM dapat melakukan lebih dari hanya sekadar berkomunikasi dengan switch ATM. Saat ini sedang diberdayakan untuk terhubung ke server konten lain dan sistem video perbankan.
Perangkat lunak ATM terkemuka yang beroperasi pada platform XFS di antaranya Triton PRISM, Diebold Agilis EmPower, NCR APTRA Edge, Absolute SystemsAbsoluteINTERACT, KAL Kalignite, Phoenix Interactive VISTAatm, dan Wincor Nixdorf ProTopas.

·         Penggunaan ATM
Pada ATM paling modern, nasabah diidentifikasi dengan memasukkan kartu ATM plastik dengan strip magnetik atau kartu pintar plastik dengan chip, yang berisi kartu yang bernomor unik dan beberapa informasi keamanan seperti tanggal kedaluwarsa atau Kode keamanan kartu (CVV). Autentikasi ini disediakan oleh nasabah saat memasukkan nomor identifikasi pribadi (PIN). ATM terbaru di Royal Bank of Scotland beroperasi tanpa kartu untuk menarik uang tunai hingga £100. Pelanggan awalnya harus mendaftarkan nomor ponsel mereka dan bank akan memberikan kode enam digit untuk masuk ke ATM untuk menarik uang tunai tersebut.
Dengan menggunakan ATM, nasabah dapat mengakses rekening bank mereka untuk membuat penarikan, uang tunai melalui kartu debit, dan memeriksa saldo rekening mereka serta membeli kredit ponsel prabayar. Jika mata uang yang ditarik dari ATM berbeda dengan rekening bank dalam mata uang (misalnya: Penarikan Yen Jepang dari rekening bank berisi Dolar AS), uang tersebut akan diubah satuan mata uangnya sesuai nilai tukar saat itu. Dengan demikian, ATM dapat dimanfaatkan untuk transaksi pertukaran uang bagi wisatawan asing

Meskipun ATM awalnya dikembangkan hanya sebagai tempat mengambil uang tunai, alat ini telah berkembang untuk memasukkan banyak produk perbankan lainnya yang terkait seperti:
·         Mencetak rekening koran
·         Memperbarui buku tabungan
·         Membayar tagihan rutin:

Tagihan rumah tangga (televisi kabel, PAM, telepon dan listrik)
·         Tagihan sekolah/universitas
·         Asuransi
·         Pajak
·         Memperoleh pinjaman cepat
·         Memproses cek
·         Membayar (secara penuh/sebagian) saldo pada kartu kredit terkait dengan rekening tertentu.
·         Mentransfer uang antar rekening terkait (seperti transfer antar rekening tabungan), baik dari satu bank maupun dua bank berbeda yang berhubungan satu sama lain, jika tersedia.
·         Pengakuan deposito, penerimaan, dan peredaran uang.
Di beberapa negara, khususnya yang memanfaatkan jaringan ATM lintas bank terintegrasi. ATM mencakup banyak fungsi yang tidak berkaitan langsung dengan pengelolaan rekening bank sendiri, seperti:
·         Memuat nilai uang ke Kartu Prabayar
·         Membeli:
·         Perangko
·         Tiket undian
·         Tiket transportasi (kereta api, pesawat, dsb)
·         Tiket konser
·         Tiket bioskop
·         Pulsa telepon seluler
·         Emas
·         Fitur permainan dan promosi
·         Donasi ke badan amal

·         KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN ATM

1.   Praktis tidak perlu membawa uang tunai  dan sistem beroperasi 24 jam
       
2.  Tidak perlu menunggu bank buka untuk melakukan transaksi ataupun transfer

3 .  Mudah untuk dipakai dan setiap transaksi tercatat otomatis

KELEMAHAN :

1. Jika Kartu ATM Hilang harus lapor kepada polisi agar bisa di proses selanjutnya ke pihak Bank

2.  Harus ingat pin dan rawan pencurian ATM serta nomor pin

3.  setiap bulan dikenakan biaya administrasi

 ·         Pengertian Vending Machine

         Mesin jual otomatis (Inggris:Vending machine) adalah mesin yang dapat mengeluarkan barang-barang seperti makanan ringan, minuman ringan seperti minuman soda, alkohol, rokok, tiket lotre, produk konsumen dan bahkan emas dan permata untuk pelanggan secara otomatis. Layaknya penjual asli, mesin ini akan mengeluarkan barang yang kita inginkan setelah kita membayarnya dengan cara memasukkan sejumlah koin maupun uang kertas.

Mesin penjual otomatis adalah karya Heron yang berasal dari Alexandria. Heron adalah seorang insinyur matematika abad pertama. mesin penjual otomatis modernpertama diperkenalkan di London, Inggris pada awal 1880-an, yaitu mesin penjual kartu pos otomatis. Mesin penjual otomatis pertama di Amerika Serikat dibangun pada tahun 1888 oleh Perusahaan Gum Thomas Adams, dan menjual permen karet di Kota New York.






Pada tahun 80-an terciptanya mesin penjual otomatis yang menjual permen karet. mesin tersebut diberi nama “Glico”. Pada tahun 1897 ketika Perusahaan Manufaktur Pulver menambahkan angka kecil di sekitar mesin, yang akan bergerak setiap kali seseorang membeli permen karet dari mesin mereka. Gagasan ini melahirkan mesin penjual otomatis jenis baru yang dikenal sebagai "perdagangan stimulator" dan kelahiran mesin slot serta mesin pinball pertama berakar pada perangkat ini. Ide menambahkan permainan pada mesin ini adalah untuk menaikkan insentifitas pembeli.
Pada Desember 1970 salah satu industri pembuat mesin penjual otomatis di Dallas, Texas, membuat mesin penjual otomatis yang dapat berbicara yang disebut dengan "venda talker". Ketika pembeli memasukkan koin, mesin kemudian mengatakan “terima kasih” dan dan suara itu disuarakan oleh comic Henny Youngman.

·         Jenis Jenis Vending Machine

·         Mesin penjual permen karet
Setelah mesin tersebut dimasukkan koin sebesar yang ditentukan, maka mesin tersebut otomatis akan mengeluarkan permen karet warna-warni berbentuk bulat. Pada tahun 1888, Thomas Adams Gum Company memperkenalkan mesin penjual otomatis pertama ke Amerika Serikat. Mesin-mesin dipasang pada platform kereta bawah tanah yang terdapat di New York City dan menjual permen karet rasa Tutti-Frutti.
·         Mesin penjual koran
Mesin ini ditemukan di U.S. Mesin penjual otomatis ini menjual koran untuk mempermudah warga U.S mendapatkan koran ketika mereka sedang berada dijalan.


·         Mesin penjual minuman ringan
Mesin ini adalah mesin yang paling populer diseluruh dunia. Mesin ini merupakan mesin penjual minimuan kaleng seperti minuman bersoda, minuman energi, dan minuman isotonik.
·         Mesin penjual makanan
Dijepang terdapat mesin penjual ramen. Tak hanya ramen, tetapi terdapat juga mesin penjual sayuran di china. Sehingga para ibu rumah tangga tidak perlu repot pergi ke pasar, berkotor-kotoran, karena disebagian daerah tertentu telah diletakkan mesin penjual otomatis.
mesin-mesin ini berkembang terus sesuai jamannya, dan tidak hanya empat jenis mesin penjual otomatis, namun masih banyak lagi jenisnya termasuk mesin penjual otomatis yang menjual emas. Namun, diatas adalah mesin otomatis yang populer yang terdapat di banyak negara.

·         Cara Kerja Vending Machine
          Mesin penjual otomatis membutuhkan uang koin maupun uang kertas untuk proses kerjanya. Namun, yang paling populer adalah uang koin. pada bagian sudut tertentu, terdapat lubang untuk memasukan uang koin. Uang koin yang telah dimasukkan akan jatuh kedalam pengkait dan mesin didalamnya akan berjalan secara otomatis. Mesin tersebut berjalan sambil menjatuhkan barang yang pembeli pilih, dan terakhir pembeli tinggal mengambil dari balik pintu kecil yang telah disediakan.
 







·         Komponen Perangkat Keras Vending Machine
Mikrokontroler : Sebagai komputer yang mengolah semua perangkat di vending mechine agar bekerja dengan baik
Card reader : Membaca identitas dari kartu yang ditempelkan, dengan decode melalui akses ke database Bank Mandiri
LCD : Menampilkan intruksi dan keterangan yang ada
Bottle Dispenser : Menampung dan mengeluarkan botol
Power Socker: Daya/sumber energi dari vending machine
Refrigrator : Pendingin produk/botol
Produk / Botol

 









                                                 


·      Software yang digunakan pada vending machine
pada penggunaan software alat vending mesin ini menggunakan bahasa C yang kemudian di kompile pada mikrokontroller serta menggunakan perancangan database seperti MySQL inti dari database adalah database management sistem (DBMS) yang terkoneksi secara langsung pada user dan internet ataupun offline
·         Kelebihan dan kekurangan vending mesin

Memangkas jalur distribusi
Karena vending machine, bisa menjual ke konsumen secara langsung
Meningkatkan penjualan dan sebaran produk
Karena vending machine bisa menjangkau lokasi yang lebih dekat dengan konsumen dan bisa buka 24 jam nonstop
Media promosi
Vending machine bisa dibranding dengan identitas merk yang dijual, sehingga selain untuk menjual bisa sekaligus untuk media promosi
Meningkatkan prestise produk
Di Indonesia vending machine masih dianggap seperti barang mewah, sehingga produk yang dijual juga akan terlihat lebih mewah
Pemeliharaan vending mesin harus secara rutin
Apabila memakai uang kertas harus secara rapih dan tidak terlipat agar otomatis terinput dalam sistem vending mesin
Terkadang harus secara sabar dalam menggunakan
·         Kesimpulan
Teknologi diciptakan dengan tujuan untuk memudahkan segala aktifitas manusia dalam hal memenuhi kebutuhan dan kehendaknya, coba kita lihat disekeliling kita, berapa banyak teknologi yang telah kita manfaatkan saat ini? bahkan detik ini? banyak sekali. Dengan teknologi, sesuatu yang tidak mungkin kita pikirkan menjadi mungkin untuk diciptakan
Pasar bisa diciptakan

                                                              




Sumber Referensi :










0 comments:

Post a Comment